Selasa, 17 November 2009

Hujan Meteor Leonid


Seperti telah ditulis pada posting sebelumnya pada tanggal 17 November akan ada hujan meteor Leonid yang bisa disaksikan di sebagian Indonesia barat pada dini hari. Kebetulan pada tanggal itu di langit Yogyakarta mendung dan hujan turun dengan lebatnya sehingga saya tidak dapat menyaksikan.
Kemudian paginya saya mendapat kabar bahwa meteor tersebut masih dapat disaksikan pada tanggal 18 November (dini hari tadi). Dan kebetulan cuaca di langit Yogyakarta tidak terlalu mendung.
Malam jam 2.00 saya mulai melakukan pengamatan ke langit dengan mata telanjang. Mendung tipis masih menyelimuti, tetapi cahaya bintang masih bisa terlihat.
Kemudian sekitar jam 3.00 sudah muncul 1 meteor, dari arah utara ke selatan dengan sangat cepat. Disusul kemudian sekitar jam 03.33 meteor yang kedua. Setelah itu menjelang subuh muncul lagi 2 beriringan.
Cuaca setelah subuh sudah benar - benar cerah. Muncul lagi 2 meteor hampir bersamaan. Kemudian yang terakhir sekitar jam 04.45. Total yang saya lihat ada 7 (yang sebenarnya mungkin bisa lebih)
Walaupun hanya bisa melihat sisa - sisanya, tetapi cukup menyenangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar