Rabu, 18 November 2009

Bermain Game Untuk NASA

NASA Memerlukan Bantuan Anda untuk Mengeksplorasi Mars


Dalam situs web NASA yang bernama "Be A Martian", pemain diminta untuk mengurutkan ratusan dari ribuan gambar di planet merah.

Jumlah gambar yang dibawa oleh pesawat ulang alik sejak tahun 1960 sangat banyak, sehingga para ilmuwan kesulitan untuk mempelajari semuanya sendirian.

NASA percaya bahwa dengan melibatkan masyarakat dalam analisis dengan baik, akan lebih banyak hal yang bisa terungkap.

Situs web sains untuk masyarakat yang baru mulai diluncurkan pada hari Rabu di http://beamartian.jpl.nasa.gov.

Pemain dapat mengumpulkan poin dalam sebuah game dengan cara membantu NASA dalam memeriksa dan mengorganisir gambar ke dalam peta planet Mars yang lebih lengkap.

Game yang lain membawa pemain menghitung kawah untuk membantu ilmuwan dalam memahami usia relatif batuan di permukaan Mars dengan lebih baik.

NASA berharap, kombinasi antara data yang sesungguhnya dengan unsur kesenangan dapat menjadi inspirasi para ilmuwan di masa mendatang.

"Kami sungguh memerlukan pengeksplorasi di generasi berikutnya", kata Michelle Viotti dari salah satu bagian NASA, Jet Propulsion Laboratory, yang menangani misi Mars.

"Dan kami juga sedang mencapai sesuati yang penting untuk NASA. Ada banyak data yang datang dari Mars. Melihat bagitu banyak data, mengklasifikasinya dan membantu mengetahui artinya, itu sangat penting."

Raksasa software Microsoft menjadi kontributor utama dalam teknologi yang mendukung Be A Martian.

Situs web tersebut dibangun dari platform Microsoft Windows Azure, menggunakan antarmuka berbasis Silverlight dan layanan "Dallas"-nya untuk menampung seluruh informasi.

"Keindahan dari semua ini adalah bahwa tidak hanya mengajarkan kepada masyarakat tentang Mars dan pekerjaan NASA di sana, tetapi juga melibatkan sekelompok besar masyarakat untuk membantu memecahkan tantangan sesungguhnya, dimana komputer tidak bisa menanganinya sendiri", kata Marc Mercuri dari Microsoft.


Salah satu screenshot dari game Be A Martian


sumber: BBC News | Science and Environment

1 komentar:

o-om hardika mengatakan...

Keren nih.. :-)

Posting Komentar